Senin, 05 November 2018

Krisis Humas dalam Organisasi Kampus



Istilah Organisasi, mungkin tidak asing lagi di telinga mahasiswa. Karena pada dasarnya mahasiswa membutuhkan wadah untuk menampung kreasi dan inovasi yang ada didalam dirinya. Tempat untuk menemukan hal-hal baru, melanjutkankan hobi, dan lain sebagainya.


Tingginya minat berorganisasi mahasiswa pada saat sekarang ini, menimbulkan daya saing yang kuat diantara organisasi-organisasi kampus yang ada. Dalam hal ini HUMAS memiliku peranan strategis dalam mensukseskan orgainsasi yang ada di kampus. Berkat peranan strategis inilah tugas dan tanggung jawab seorang humas menjadi sangat besar.


Namun organisasi-organisasi yang ada di kampus tidak sepenuhnya memahami peranan humas. Banyak dari pelaku HUMAS organisasi kampus menganggap enteng kegiatan kehumasan, sehingga krisis rentan terjadi di dalam HUMAS organisasi. Nah, berikut faktor-faktor penyebab Krisis Humas dalam Organisasi Kampus :

Tidak Memahami Fungsi dan Tugas Humas Sepenuhnya

Kebanyakan Humas di organisasi kampus menganggap bahwa tugas humas hanya sebatas penyebaran informasi terkait kegiatan Organisasinya. Padahal tugas Humas lebih Komplek dari pada yang dibayangnkan. Melaksanakan inventarisasi dan mengolah data, menyiapkan bahan penyusunan rancangan kebijakan pengumpulan dan penyajian informasi, dokumentasi kegiatan serta melaksanakan tata usaha Bagian Humas merupakan tugas pokok Humas.

Kurangnya Skill Menulis

Humas bukan hanya sebatas mampu berbicara didepan umum, tapi juga harus pandai merangkai kata dengan menulis. Humas sudah seharusnya mampu membuat Caption, Press Releas, dan bentuk tulisan lainnya agar khalayak menarik minat terhadap organisasinya.

Tim yang Kurang Matang

Humas haruslah dibentuk dari tim yang solid, dimana masing-masing memiliki tugas dan peranan masing-masing. Paham dengan tugas masing-masing mengerti arti menajadi seorang Humas. Saling bersinergi dan bahu membahu dalam mejalankan tugas Humas. Jika tim humas tidak solid dan mempertahankan ego masing-masing, atau tim yang dibentuk teradapat kesenjangan antara yang memahami pokok kehumasan dengan yang tidak, nantinya akan menjadi krisis dimana Humas organisasi tidak mampu menjalankan tugas dan fungsinya secara baik.


Menjadi humas tentunya tidak mudah, masih banyak hambatan-hamabatan yang mungkin terjadi. Namun bukan berarti kita tidak mampu mengahadapinya. Dengan mengetahui pokok-pokok permasalahan-permasalahan mendasar, seorang humas akan mampu menyelesaikan masalah yang lebih rumit. Dalam artikel ini kami menyajikan dasar-dasar yang menjadi problematik seorang humas di suatu Organisasi.


Penulis: Ikhsanul Kahfi


Load disqus comments

0 komentar